Sabtu, 25 Juli 2009

Routing protocol

routing protokol adalah protokol yang menentukan cara router berkomunikasi satu sama lain, penyebaran informasi yang memungkinkan mereka untuk memilih rute antara dua node pada sebuah jaringan komputer, pilihan rute yang dilakukan oleh algoritma routing. Setiap router memiliki pengetahuan priori hanya terpasang ke jaringan secara langsung. routing protokol berbagi informasi ini pertama di antara segera tetangga, dan kemudian di seluruh jaringan. Dengan cara ini, router mendapatkan pengetahuan tentang topologi dari jaringan. Untuk diskusi tentang konsep routing protokol di belakang.


Istilah routing protokol dapat merujuk secara khusus untuk beroperasi di satu dari tiga lapisan model OSI, yang juga menyebarkan informasi antara topologi router. Banyak routing protokol yang umum digunakan di Internet yang ditetapkan dalam dokumen yang disebut RFCs.
Walaupun terdapat banyak jenis routing protokol, dua kelas utama yang di gunakan secara luas di internet: link-state routing protokol seperti OSPF dan IS-IS dan jalur vector atau jarak vector protokol seperti BGP, RIP dan EIGRP.
Spesifik karakteristik routing protokol termasuk
• cara yang baik mencegah routing loops dari pembentukan atau istirahat mereka jika mereka
• cara yang mereka pilih pilihan rute, menggunakan informasi mengenai biaya hop
• waktu mereka ambil untuk berkumpul
• seberapa baik mereka skala atas
• berbagai faktor lainnya
diarahkan versus routing protocol
Sering terjadi kebingungan antara routing dan protokol diarahkan protokol. Sedangkan routing protokol membantu router yang memutuskan untuk mengirim jalur lalu lintas di sepanjang, diarahkan protokol bertanggung jawab atas sebenarnya transfer lalu lintas antar perangkat berjalan L3 protokol seperti IP. Secara khusus, yang diarahkan protokol adalah protokol jaringan yang cukup memberikan informasi its jaringan lapisan alamat untuk membolehkan paket yang akan diteruskan dari satu host ke alamat berdasarkan skema tanpa mengetahui seluruh jalan dari sumber ke tujuan. Diarahkan protokol menentukan format dan penggunaan kolom dalam paket. Paket biasanya menyampaikan akhir dari sistem untuk mengakhiri sistem. Hampir semua lapisan 3 protokol, dan orang-orang yang berlapis atas mereka, yang routable, dengan IP sebagai sebuah contoh. Layer 2 protokol seperti Ethernet pasti non-routable protokol, karena mereka hanya berisi link-lapisan alamat yang mencukupi untuk routing: beberapa tingkat lebih tinggi berbasis protokol langsung pada tanpa penambahan jaringan lapisan alamat, seperti NetBIOS, juga non-routable.
Dalam beberapa kasus, routing protokol dapat berjalan sendiri lebih diarahkan protokol: misalnya, BGP berjalan di atas TCP yang dijalankan melalui IP; perawatan diambil dalam penerapan sistem seperti itu tidak membuat surat edaran dependensi antara routing dan protokol dialihkan. Routing protokol yang berjalan di atas mekanisme transportasi tertentu tidak berarti bahwa routing adalah protokol lapisan (N +1) jika transportasi mekanisme dari lapisan (N). Routing protokol, sesuai dengan kerangka OSI Routing, adalah lapisan protokol untuk manajemen jaringan lapisan, tanpa memandang transportasi mekanisme: • IS-IS berjalan melalui lapisan data link
• OSPF, IGRP, dan EIGRP dijalankan secara langsung melalui IP; OSPF dan EIGRP memiliki mekanisme transmisi diandalkan sementara IGRP diasumsikan transportasi yang diandalkan
• RIP berjalan di atas UDP
• BGP berjalan melalui TCP
Contoh
jaringan ad hoc routing protocol
Jaringan ad hoc routing protokol muncul di jaringan dengan sedikit atau tidak ada infrastruktur
• Daftar ad-hoc routing protokol
Interior routing protokol
Interior Gateway Protokol (IGPs) bertukar informasi routing dalam satu domain routing. J diberikan otonom sistem [6] dapat berisi beberapa routing domain, atau sejumlah rute domain dapat dikoordinasikan tanpa Internet-sistem otonom berpartisipasi. Common examples include:fh Contoh umum termasuk: fh
• IGRP (Interior Gateway Routing Protocol)
• EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)
• OSPF (Open shortest Path First)
• RIP (Routing Information Protocol)
• IS-IS (Intermediate System to Intermediate System)

Perlu diketahui bahwa IGRP, sebuah routing protocol Cisco eksklusif, tidak lagi didukung. EIGRP menerima perintah konfigurasi IGRP, tetapi bagian internal IGRP dan EIGRP yang berbeda.
Exterior routing protokol
Exterior Gateway Protokol (EGPs) rute terpisah antara sistem otonomi. Examples include: Contohnya termasuk:
• EGP (asli Exterior Gateway Protokol yang digunakan untuk menyambung ke mantan Internet tulang punggung jaringan; usang sekarang)
• BGP (Border Gateway Protokol: versi, BGPv4, tanggal dari sekitar 1995)
• CSPF (terpaksa shortest Path Pertama)
• HELLO (protokol yang lama), dari RFC 891.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[X]

ShoutMix chat widget