Kamis, 19 Maret 2009

Fujitsu Tawarkan Upgrade Notebook Gratis Seumur Hidup

Logo FujitsuFujitsu Siemens kini menawarkan upgrade laptop gratis untuk seumur hidup melalui program Lifebook4Life. Pelanggan yang membeli produk Lifebook dari Fujitsu kini akan ditawarkan upgrade gratis setiap tiga tahun setelah pembelian untuk seumur hidup — dengan syarat mereka membeli garansi tiga tahun.

"Pelanggan Fujitsu Siemens Computer berhak mendapatkan Lifebook pengganti tiga tahun setelah pembelian selama masa hidup pembeli tanpa biaya tambahan," menurut syarat dan ketentuan pembelian program tersebut untuk mencegah pembeli mentransfer kontrak tersebut kepada keturunannya. Untuk saat ini program Lifebook4Life hanya berlaku untuk pelanggan di Inggris saja.

Syarat lainnya adalah harga setiap upgrade notebook tidak boleh lebih tinggi dari yang sebelumnya, plus nilai inflasi sebesar 10% — oleh karena itu pengikut program ini harus berharap bahwa inflasi di Inggris tetap rendah. Inflasi tahunan Indonesia di bulan September 2008 adalah 11,65% sehingga sudah pasti pembeli akan mengalami kerugian apabila skema ini juga dipakai di Indonesia.

Seorang juru bicara Fujitsu Siemens mengatakan pada PC Pro bahwa skema penjualan ini adalah strategi penjualan yang menguntungkan setelah memperhitungkan biaya tambahan yang perlu dibayar pembeli untuk garansi dan upgrade laptop. Modifikasi yang diperbolehkan hanya modifikasi resmi dari Fujitsu Siemens, oleh karena itu menggunakan RAM tambahan yang murah dari pihak ketiga tidak diperbolehkan — dan Fujitsu juga tentunya dapat membebani harga yang lebih tinggi untuk upgrade RAM, hard disk dan lain-lain.

Tentunya Fujitsu juga berharap akan adanya sebagian pembeli yang tidak meng-upgrade laptop mereka setelah periode tiga tahun. Apabila pembeli tidak mendaftarkan notebook mereka dalam 21 hari setelah pembelian. Pembeli juga tidak diperbolehkan melakukan upgrade apabila menghilangkan bukti pembelian. Setelah pembeli melewatkan satu periode upgrade, mereka juga akan kehilangan hak upgrade berikutnya.

Logo FujitsuFujitsu mengatakan bahwa mereka masih memperhitungkan harga garansi tiga tahun yang cocok. Produsen PC tersebut juga menawarkan sebuah skema lain yang tidak kalah menariknya untuk lini produk Esprimo, memberikan pengguna opsi untuk mengembalikan laptop tersebut dan mendapatkan 100% uang pembelian apabila pembeli perlu mengirimkan laptop tersebut ke Fujitsu untuk diperbaiki.

Ada beberapa jenis kerusakan yang tidak termasuk seperti casing yang retak, jumlah dead pixel dalam jumlah kecil, kerusakan keyboard, layar yang hancur, kerusakan perangkat lunak, infeksi virus atau baterai berumur lebih dari satu tahun yang rusak. (PC Pro)

Dalam persaingan yang semakin ketat, tampaknya vendor komputer semakin kreatif dalam menjual produk mereka. Apakah skema-skema penjualan seperti ini akan memasuki Indonesia dalam waktu dekat?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[X]

ShoutMix chat widget