Kamis, 19 Maret 2009

Microsoft Akuisisi BlackBerry?

Menurut Reuters, Microsoft dan Research In Motion (RIM, pencipta produk BlackBerry) tengah mendiskusikan kemungkinan bahwa Microsoft akan mengakuisisi perusahaan dari Kanada ini. "Microsoft telah mengatakan bahwa mereka merupakan seorang pembeli yang prospektif," sebut Frederic Ruffy, seorang analis di Optionetics.

Walaupun baik RIM maupun Microsoft menolak untuk berkomentar atas rumor ini, spekulasi akan niat Microsoft terus berlanjut. Beberapa analis mengatakan bahwa keputusan Microsoft ini disebabkan oleh pengumuman Google yang mengatakan bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah ponsel yang mengoperasikan Linux. Beberapa analis lain mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh suksesnya iPhone.

Saat ini smartphone yang menggunakan OS Microsoft Windows Mobile sudah memiliki dukungan Exchange yang sangat baik sehingga ada beberapa orang yang mempertanyakan apakah niat Microsoft membeli BlackBerry ini merupakan langkah bisnis yang masuk akal. RIM telah mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi BlackBerry ke Windows Mobile 6. Mungkin juga hal inilah yang menyebabkan keluarnya rumor bahwa Microsoft berniat mengakuisisi RIM.

Microsoft juga akan banyak mengambil keuntungan dari sekuriti BlackBerry yang kuat. Kebanyakan toko-toko IT tahu bahwa ponsel Windows Mobile sangatlah sulit untuk diamankan, sedangkan BlackBerry, yang juga disebut "Crackberries" oleh fans-fans mereka telah sukses di segmen bisnis terutama di kalangan eksekutif sibuk dan karyawan IT yang harus selalu memiliki akses ke email mereka setiap saat.

Akhir-akhir ini RIM juga terus menambahkan fitur-fitur multimedia baru, bahkan menambahkan GPS dan WiFi ke dalam ponsel mereka. Seiring dengan berevolusinya BlackBerry menjadi alat-alat general purpose, mereka akan secara otomatis menjadi saingan Windows Mobile. Walaupun tren menunjukkan bahwa permintaan untuk PDA semakin menurun, permintaan pasar terhadap smart phone diperkirakan akan terus meningkat.

Klik di sini untuk sumber artikel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[X]

ShoutMix chat widget