Senin, 16 Maret 2009

Sejarah Logo Firefox

Keempat maskot di atas dan juga logo Firefox yang sering Anda lihat memiliki kesamaan, yaitu pembuatannya sama-sama terinspirasi dari bentuk salah satu hewan karnivora. Lalu bagaimana cerita awalnya sehingga logo berbentuk seekor rubah merah dengan ekor berapi sedang memeluk planet bumi ini bisa tercipta?

Semua itu bermula dari keinginan dari yayasan Mozilla untuk merancang sebuah masa depan bagi merk Mozilla dan identitas visualnya. Karena luasnya cakupan proyek yang dilakukan Mozilla sehingga menimbulkan kebingungan tentang penggunaan nama/merk Mozilla yang dideskripsikan oleh para pengguna sebagai aplikasi web browser, paket aplikasi, platform dan keseluruhan koleksi dari proyek aplikasi tanpa batasan yang jelas.

Untuk itu pada tahun 2003 dimulai dari Mozilla Suite version 2.0, yaitu sebuah paket aplikasi yang terdiri dari 4 aplikasi desktop, masing-masing telah diberi nama dan logo. Salah satunya adalah web browser yang bernama Mozilla Firebird. Namun nama tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya oleh Ben Goodger diganti menjadi Mozilla Firefox.




Kemudian di tahun 2004 terbentuklah Mozilla Visual Identity Team yang dipimpin oleh Steven Garrity. Tim ini bertugas untuk meningkatkan kualitas dan konsistensi elemen visual (ikon/ logo, tema dasar, dll) dari produk-produk Mozilla. Jon Hicks yang bertugas membuat ilustrasi logo Firefox awalnya sedikit kesulitan dengan konsep Firefox. Akhirnya karena terinspirasi dengan lukisan dari Jepang tentang seekor rubah, akhirnya muncul gambar yang malah lebih terlihat seperti panda merah yang lucu.



Pada akhirnya desain yang dipilih adalah hasil konsep dari Daniel Burka dan sketsanya oleh Stephen Desroches. Dan didesain ulang oleh Hicks menggunakan aplikasi Fireworks MX dan Photoshop untuk pembuatan ikonnya. Dan digunakan pertama kali untuk browser Firefox versi 0,8.







Konsep logo Firefox ini akhirnya menjadi konsep dasar untuk Mozilla Thunderbird Camino, dan banyak produk Mozilla lainnya.

Terimakasih atas informasinya: Pepoluan, Louchyper, dan Renchin Wang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[X]

ShoutMix chat widget